Rapat Evaluasi Progres Kegiatan DAK (Fisik)

Selasa, (18/05/2021) bertempat di ruang rapat Nila Anjani Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi NTB, telah dilaksanakan rapat evaluasi progres kegiatan yang pendanaannya menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik.

Dalam kesempatan tersebut PLT Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi NTB, Muslim, ST.,M.Si mengundang seluruh UPT dan KCD lingkup Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi NTB untuk mendengarkan timeline progres kegiatan yang dananya bersumber dari DAK serta mendengarkan kendala-kendala apa saja yang dialami untuk menemukan solusinya.

Agenda rapat evaluasi ini memang cukup rutin dilakukan, mengingat esensi daripada evaluasi adalah untuk perbaikan kedepan, sehingga sistem dan pola kerja bisa lebih optimal dan efisien.

Oleh karena itu, pada sesi diskusi, Pak Muslim, selaku PLT Kadis memberikan atensi pada beberapa hal:

  1. Berpacu dengan waktu untuk menyelesaikan seluruh prosedur kegiatan yang dananya bersumber dari DAK karena diminta sudah masuk di OM-SPAN tanggal 21 Mei;
  2. Bagaimana status dokumen rencana kerja;
  3. Bagaimana seluruh mekanisme dan prosedur dilaksanakan dengan baik dan benar;
  4. Mencoba menyusun instrumen verifikasi untuk menghindari terjadinya temuan-temuan dan kasus hukum.

Hal-hal tersebut perlu untuk diperhatikan, mengingat mapping kesiapan dan status dokumen perencanaan pada masing-masing pelaksana kegiatan DAK harus sudah clear sebelum dilaksanakan tahapan lelang, yang di rencanakan paling lambat akhir bulan Mei 2021. Sehingga nantinya proses penandatangan dokumen kontrak dapat dilaksanakan di akhir bulan Juni atau paling lambat di awal Juli 2021.

Muslim berharap di sesi rapat evaluasi selanjutnya progres dari apa yang sudah direncanakan hari ini bisa segera terlihat, sehingga agenda kerja kedepan bisa lebih dimatangkan lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X