Validasi Pengolahan Data Statistik Kelautan dan Perikanan

Rabu (26/02/2019) telah dilaksanakan kegiatan validasi pengolahan data statistik kelautan dan perikanan semester II Tahun 2019. Kegiatan ini dlaksanakan untuk mengkompilasi dan memvalidasi data dari seluruh Kabupaten/Kota di Provinsi NTB agar tersedianya data sektor kelautan dan perikanan yang valid dan akurat yang nantinya akan dijadikan sebagai data pada tingkat Nasional.

Kegiatan ini dibuka oleh Ir. Beny Iskandar selaku Sekertaris Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi NTB. Dalam sambutannya Pak Beny menyampaikan bahwa agar kegiatan validasi data sektor kelautan dan perikanan ini dimaksimalkan untuk menyelaraskan data-data dari Kabupaten/Kota se-Provinsi NTB agar data-data yang dihasilkan adalah data yang benar-benar valid dan akurat sesuai dengan keadaan di lapangan. Kemudian nantinya data-data tersebut dapat dimanfaatkan oleh seluruh pihak sebagai dasar pertimbangan untuk menentukan kebijakan.


Ir. Beny Iskandar saat memberikan sambutan dan membuka acara

Selanjutnya Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi NTB, Ir. Lalu Hamdi, M.Si saat memberikan pengarahan menyampaikan bahwa validasi data statistik kelautan dan perikanan ini sangat penting untuk dikerjakan secara profesional. Karena data ini digunakan sebagai dasar untuk menentukan langkah kedepan. Data yang dihasilkan harus menggambarkan keadaan yang sebenarnya di lapangan. Kalau data yang diinput adalah data yang tidak valid walaupun diinputnya menggunakan aplikasi, maka tetap saja akan menghasilkan data yang tidak bagus. Validator data juga harus memiliki ilmu-ilmu statistik, selain itu juga harus mengetahui karakteristik data dan kondisi real di lapangan, jangan sampai semua data yang diberikan enumerator dianggap benar semua. Validator data harus mengecek kembali data-data yang diberikan enumerator, apabila menemukan data yang dirasa tidak wajar maka bisa langsung ditanyakan kepada enumerator tersebut agar data yang kita hasilkan benar-benar valid dan akurat.


Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan didampingi Kasubag Program pada saat memberikan pengarahan

Kegiatan validasi pengolahan data statistik kelautan dan perikanan semester II Tahun 2019 ini berlangsung dari tanggal 26 sampai tanggal 27 Februari 2020. Kegiatan ini dihadiri oleh 30 orang perwakilan validator data dari setiap bidang lingkup Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi serta perwakilan validator data dari Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten/Kota se-Provinsi NTB. Kegiatan ini dilaksanakan di Hotel Aston Inn Mataram.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X