Maksimalkan Peran Sekolah dalam Pengembangan SDM Kelautan dan Perikan, Kepala Sekolah SMKN 1 Alas Silaturahmi dengan Kadislutkan NTB

Kamis, (23/09/2021) Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi NTB Muslim, ST.,M.Si menerima kunjungan silaturahmi dari Kepala Sekolah SMKN 1 Alas di ruang kerjanya.

Dalam silaturahmi tersebut Kepala Sekolah SMKN 1 Alas menceritakan profil SMK yang dipimpinnya tersebut memiliki berbagai jurusan di bidang kelautan dan perikanan.

“Sekolah kami memiliki jurusan kemaritiman, nautica kapal niaga, teknika kapal penangkapan ikan, budidaya air tawar dan laut, serta pengolahan hasil perikanan, dimana siswa kami persiapkan untuk menghadapi dunia kerja, menjadi wirausaha, ataupun ingin melanjutkan pendidikan ke jenajang berikutnya”, ujar Kepala Sekolah SMKN 1 Alas.

Lebih lanjut ia menyampaikan bahwa banyaknya jurusan di SMKN 1 Alas yang sangat sinkron dengan Dinas Kelautan dan Perikanan, sehingga perlu dukungan dan bantuan dari Bapak Kepala Dinas agar SMKN 1 alas bisa lebih maju dan berkembang.

Ia juga menyampaikan harapannya agar Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi NTB sebagai guru tamu untuk dapat memberikan pengarahan dan pengalamannya terkait bagaimana praktik di lapangan kepada para siswa dan siswi.

Selain itu, disampaikan juga kendala-kendala yang dialami dalam pelaksanaan praktik oleh siswa seperti terbatasnya sarana prasarana alat tangkap serta perlunya dukungan bibit ikan untuk budidaya air tawar.

Hal tersebut disambut baik oleh Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi NTB, karena menurutnya regenerasi pembangunan kelautan dan perikanan dimulai dari tingkat sekolah, sehingga Kepala Dinas juga menyampaikan apresiasinya terkait upaya pengembangan SDM kelautan dan perikanan yang dilakukan oleh SMKN 1 Alas.

“Terkait dengan bantuan bibit untuk budidaya air tawar ini inshaallah bisa segera kami fasilitasi, terkait dengan hal lain seperti sarana dan prasarana kami perlu berkonsolidasi dan berkonsultasi dahulu dengan BPKAD, karena basis kami adalah untuk pemberdayaan masyarakat”, ujar Muslim.

Selanjutnya, ia juga mengarahkan kepada Kepala Sekolah SMKN 1 Alas untuk mengirimkan proposal kepada Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi NTB agar dapat ditindak lanjuti, sambil dikonsultasikan dengan BPKAD apakah permohonan sarana prasarana dari SMKN 1 Alas ini dapat difasilitasi oleh Dinas atau tidak.

“Kami tetap berupaya untuk membantu dan bersinergi dengan sekolah, apalagi sekolah khususnya SMKN 1 Alas ini memiliki peran penting dalam rangka mencetak SDM kelautan dan perikanan yang unggul dan berdaya saing” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X