Kunjungan Kadislutkan NTB ke BPBL Lombok, Ikhtiar Perkuat Kerjasama dan Pengembangan Perikanan Budidaya di NTB

Sekotong, 14 Mei 2024 – Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (Dislutkan) Provinsi NTB, Bapak Muslim, ST., M.Si, didampingi oleh seluruh Kepala Bidang lingkup Dislutkan NTB beserta Plt. Kepala Balai Pengembangan Budidaya Perikanan Pantai (BPBPP) Sekotong dan jajarannya, mengunjungi Balai Budidaya Perikanan Laut (BPBL) Lombok. Kunjungan ini merupakan tindak lanjut dari kunjungan silaturahmi Plt. Kepala BPBL Lombok ke Kantor Dislutkan NTB beberapa waktu lalu.

Dalam kunjungan yang bertujuan untuk mempererat koordinasi dan jalinan silaturahmi ini, Kadislutkan NTB dan tim mendapatkan sambutan hangat dari Plt. Kepala BPBL Lombok beserta jajarannya. Kedua belah pihak berdiskusi untuk menyamakan persepsi dalam memperkuat peran dan fungsi masing-masing dalam pembangunan sektor kelautan dan perikanan, terutama pengembangan perikanan budidaya di Provinsi NTB.

NTB dikenal memiliki potensi budidaya perikanan yang besar di Indonesia. Dukungan dari pemerintah pusat melalui Unit Pelaksana Teknis (UPT) di daerah menjadi sangat penting. Transfer knowledge dan peningkatan kemampuan teknis dalam bidang perikanan budidaya menjadi fokus utama dalam diskusi tersebut, selain pengelolaan operasional dan manajemen kelembagaan.

Hasil diskusi menghasilkan kesepakatan untuk memprioritaskan pengembangan budidaya rumput laut dan komoditas ikan bawal serta kakap putih, yang merupakan komoditas unggulan BPBL Lombok. Hal ini sejalan dengan prioritas pembangunan perikanan nasional di NTB, yaitu hilirisasi rumput laut.

Kadislutkan NTB dan tim juga diajak mengunjungi Laboratorium kultur jaringan BPBL yang mengembangkan benih rumput laut jenis Cottoni dan Sakult. Selain itu, mereka juga mengunjungi unit pembenihan tiram mutiara, Bawal Bintang, dan Kakap Putih untuk mendapatkan informasi lebih detail tentang proses teknis sejak pemilihan indukan, pemijahan, hingga pemeliharaan larva.

Dalam sambutannya, Plt Kepala BPBL Lombok, Pak Wawan, menyatakan kesiapannya untuk mendukung pengembangan perikanan budidaya di NTB, termasuk kerjasama dengan UPTD BPBPP Sekotong. Beliau menekankan pentingnya koordinasi dalam penetapan kelompok pembudidaya yang menjadi target pembinaan, serta pertukaran informasi dan data kelompok budidaya yang sudah eksis dan progresif.

Mengakhiri diskusi, Kadislutkan NTB menegaskan bahwa hasil kesepakatan hari ini akan segera ditindaklanjuti untuk diimplementasikan, demi kemajuan sektor kelautan dan perikanan di Provinsi NTB.