Tim Pembina Mutu Dislutkan NTB Lakukan Sosialisasi SKP dan Verifikasi Kelompok Penerima Bantuan Sarana Pengolahan

Kamis, (23/09/2021) Tim Pembina Mutu Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi NTB yang dipimpin langsung oleh Kepala Bidang P2HP Ir. Beny Iskandar bersama jajarannya melakukan verifikasi kelompok penerima bantuan sarana pengolahan di Dusun Jor timur Desa Jerowaru kecamatan Jerowaru Kabupaten Lombok timur.

Kelompok yang dikunjungi adalah kelompok Putri yang melakukan aktifitas usaha pengolahan terasi udang sejak tahun 2014. Kelompok ini melakukan kegiatan produksi 2 kali seminggu sebanyak 200 kg, dimana total produksinya selama 1 bulan mencapai sekitar 800-1000 kg. Bahan baku yang digunakan berupa udang rebon dari Sumbawa dan Sekotong. Tidak menggunakan bahan tambahan berbahaya seperti Rhodamin (pewarna sintetis). Bahan tambahan yang digunakan hanya berupa garam dan air. Dalam memproduksi 100 kg bahan baku ditambahkan 4 kg garam kasar.

Daerah pemasaran kelompok ini adalah kota Mataram, Lombok Barat, Sumbawa, dan Bima. Produk terasi ini sudah memiliki sertifikat PIRT dari Dinas Kesehatan Kabupaten Lombok Timur. Produk sudah dikemas dengan kemasan yang baik dan stiker menarik. Kendala yang dihadapi oleh anggota kelompok adalah kurangnya jumlah oven untuk pengeringan dan mesin penggiling. Pengovenan dilakukan ketika musim hujan. Pada musim panas, pengeringan dilakukan secara manual (di dalam rumah pengeringan) selama 2 sampai 3 hari.

Kelompok Putri Nyale belum memiliki Sertifikat Kelayakan Pengolahan (SKP), sehingga pada kesempatan ini sekaligus dilakukan sosialisasi SKP oleh Tim Pembina Mutu di Bidang P2HP. Kedepan, akan dilakukan pembinaan secara berkelanjutan pada kelompok ini agar bisa mendapatkan sertifikat kelayakan pengolahan sesuai dengan standar keamanan pangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X