Sidak Penjualan Telur Penyu di Pasar Pelangan Sekotong

Pengawasan sumberdaya kelautan dan perikanan tidak hanya dilakukan di perairan laut saja. Kali ini Seksi Pengawasan Sumberdaya Kelautan dan Perikanan Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi NTB bersama BPSPL Denpasar Wilayah Kerja NTB menindaklanjuti laporan dari masyarakat terkait dengan adanya aktifitas penjualan telur penyu di Pasar Pelangan Sekotong.

Tim gabungan Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi NTB dan BPSPL Denpasar Wilayah Kerja NTB langsung melakukan sidak ke Pasar Pelangan Sekotong pada hari Selasa 14 Januari 2020. Benar saja di Pasar Pelangan tersebut tim pengawasan menemukan beberapa pedagang di pasar tersebut yang masih memperjualbelikan telur penyu. Telur-telur penyu yang diperjualbelikan ini akan disita dan para pedagang pasar tersebut diberikan sosialisasi.


Penyitaan telur penyu oleh tim gabungan Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi NTB dan BPSPL Denpasar Wilayah Kerja NTB

Para pedagang di Pasar Pelangan ini kemudian dikumpulkan di Dusun Mekar Sari Desa Batu Putih Kecamatan Sekotong untuk diberikan sosialisasi tentang pelarangan jual beli telur penyu ke pengepul/penendak. Pelarangan penjualan telur penyu ini diatur dalam Undang-Undang Nomor 5 tahun 1990 tentang Konservasi Sumberdaya Alam Hayati dan Ekosistemnya. Apabila tetap dilanggar, maka akan dikenakan pidana kurungan penjara selama 5 tahun atau denda seratus juta rupiah. Minimnya pemahaman masyarakat tentang perlindungan biota laut yang di lindungi jadi alasan utama mereka mengambil telur penyu. Dengan mensosialisasikan beberapa jenis biota laut yang di lindungi serta pentingnya kita untuk melindunginya supaya tidak ada lagi pengambilan dan penjualan telur penyu ataupun penangkapan biota laut lainnya di lindungi dengan alasan apapun.

Setelah dilakukannya sosialisasi kepada para pedagang, telur-telur penyu yang disita tersebut ditangkar di Pantai Tenggolong Dusun Siung Desa Batu Putih. Kegiatan penangkaran ini melibatkan pihak masyarakat dan investor dan diawasi langsung oleh Pokmaswas Deep Blue Sea dengan harapan telur-telur penyu ini dapat menetas dan menambah populasi penyu kita yang sudah terancam punah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X