Safari GEMARIKAN di Kabupaten Bima

Safari GEMARIKAN bersama Komisi IV DPR RI dan Ditjen PDSPKP dilaksanakan pada tanggal 2 Februari 2020 di Taman Pantai Panda Kabupaten Bima. Kegiatan ini turut dihadiri oleh Dirjen PDSPKP KKP-RI Bapak Agus Suherman, Direkur Pemasaran Bapak Machmud, S.P., M.Sc, Sekda Kabupaten Bima, Kapolres Kabupaten Bima, Kepala Kejaksaan Kabupaten Bima, Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi NTB, Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bima, dan Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Bima.

Pada sambutannya, Dirjen PDSPKP mengatakan bahwa Potensi perikanan di daerah harus mendapat perhatian yg lebih terutama pada inovasi olahan hasil perikanan. Event-event kampanye Gemarikan harus sering dilaksanakan untuk mensosialisasikan Gemar makan ikan yg dibungkus dengan tema wisata untuk menghadirkan masyarakat sehingga sasaran sosialisasi lebih banyak. Selain itu, pengembangan cluster olahan hasil perikanan bisa menjadi salah satu upaya peningkatan konsumsi ikan. Pemerintah Pusat maupun Daerah harus mendukung usaha pelaku perikanan dengan mengidentifikasi dan memberikan bantuan sarana pengolahan dan pemasaran sebagai upaya pencapaian industrialisasi perikanan. Bantuan tersebut harus tepat sasaran dan sesuai dengan kebutuhan di lapangan.

Ir. Hj. Nurma, M.Si selaku Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bima juga menyampaikan bahwa potensi perikanan di Kabupaten Bima yang cukup besar belum bisa dipasarkan ke luar daerah karena keterbatasan sarana dan prasarana pemasaran, salah satunya pada kemasan. Diharapkan UMKM di Kabupaten Bima (34 UMKM) bisa difasilitasi untuk mendapatkan kemasan produk olahan yg sesuai dengan standar pemasaran.

Angka Konsumsi Ikan (AKI) Kabupaten Bima tahun 2019 terhitung sebesar 46 kg/kap/yg (angka sementara). Angka ini menunjukkan bahwa masyarakat Kabupaten Bima sering mengkonsumsi ikan. Diantara 191 Desa di Kab Bima terdapat 164 desa pesisir yg selalu mengkonsumsi ikan. Potensi untuk tambak budidaya ikan juga cukup besar. Terdapat luas tambak sekitar 5.000 Ha dan baru dimanfaatkan hanya sekitar 2000 Ha. Masih ada sekitar 3.000 Ha potensi tambak yang bisa dimanfaatkan oleh para pembudidaya ikan.

H.M. Syafruddin , ST.,MM selaku Komisi IV DPR RI juga memberikan apresiasi kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Bima yang telah mengalokasikan hampir 13 Milyar anggaran Daerah untuk sektor kelautan dan perikanan. Diharapkan Pemerintah Pusat juga memberikan dukungan dan perhatian yang lebih terhadap pertumbuhan potensi sektor kelautan perikanan di Kabupaten Bima dari hulu hingga hilir. Semua yg dilakukan baik Pemerintah Daerah maupun Pemerintah Pusat pada khususnya bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat perikanan. Karena dengan mengkonsumsi ikan dapat meningkatkan kecerdasan (IQ) seseorang sehingga dapat berdampak juga pada peningkatan taraf hidup dan kesejahteraan masyarakat.

Ayo Makan Ikan 💪🐟🦐🦑🦀


Keseruan Kegiatan Safari GEMARIKAN di Taman Pantai Panda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X