Pentingnya Pencegahan Stunting Sejak Dini, TP-PKK Bersama Dislutkan NTB Berikan Edukasi Pencegahan Stunting di Desa Senaru

Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi NTB yang diwakili oleh Kepala Bidang P2HP Bapak Ir. Beny Iskandar mengikuti rangkaian kegiatan dari TP-PKK Provinsi NTB dalam rangka penurunan angka stunting melalui pemberian protein hewani yaitu Sosialisasi pengolahan pangan lokal berbahan ikan di Desa Senaru Kecamatan Bayan KLU. Kegiatan ini dihadiri oleh tim PKK Provinsi NTB, TP-PKK KLU, staf Desa Senaru, mahasiswa UNRAM, dan masyarakat Desa Senaru. Pada hari Selasa, (04/10/2022).

Angka stunting di KLU pada Agustus 2022 sekitar 22,49% dan targetnya akan turun menjadi 14% sesuai target nasional. Bunda Niken berharap para kader PKK melakukan kontribusi terbaiknya dalam menurunkan angka stunting berkolaborasi dengan seluruh stakeholder terkait.

Kegiatan diawali dengan sambutan Ketua Pokja III Ibu Esra Batubara yang menjelaskan alasan kegiatan ini dilaksanakan di Desa Senaru karena merupakan binaan PKK dan memiliki angka stunting yang tinggi yaitu tercatat sebanyak 340 kasus.

Selanjutnya Ketua TP-PKK Provinsi NTB yang sekaligus Ketua Forikan Provinsi NTB, Ibu Hj. Niken Saptarini Widyawati Zulkieflimansyah mengajak masyarakat untuk menjadikan ikan sebagai menu pilihan makanan dalam memenuhi gizi keluarga khususnya bagi ibu hamil dan menyusui, anak-anak, serta balita, terlebih lagi Provinsi NTB merupakan daerah yang kaya akan potensi laut sehingga sudah seharusnya ikan menjadi salah satu menu utama pilihan masyarakat.

“Lebih sehat makan ikan daripada daging, mau sehat, ayo makan ikan!”, ajak Bunda Niken.

Pada kegiatan ini, tim Dislutkan NTB melakukan kegiatan sosialisasi Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) dalam rangka pencegahan stunting. Sosialisasi dilakukan dalam bentuk pemberian materi berupa kandungan gizi ikan, manfaat ikan, ciri-ciri ikan segar, cara pengolahan ikan yang baik, menampilkan video Gemarikan yang dibuat oleh kader Posyandu Desa Sigar Penjalin KLU, dan diskusi.

Kegiatan pemberian edukasi pencegahan stunting ini juga dirangkaikan dengan demo olahan pangan berbahan baku ikan yang dilakukan oleh Satker BBP3KP Mataram dengan jenis olahan seperti bakso dan otak-otak dengan bahan baku ikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

X