Pameran Produk UMKM Meriahkan HUT NTB ke-61

Hari Ulang Tahun Provinsi NTB ke-61 pada hari Selasa 17 Desember 2019 dimeriahkan dengan berbagai kegiatan mulai dari upacara peringatan Hari Ulang Tahun NTB ke-61 yang dihadiri oleh siswa-siswi dan para ASN yang mengenakan pakaian adat daerah-daerah yang ada di Provinsi NTB, selain itu ada juga stand-stand yang diisi oleh UMKM-UMKM mitra dan binaan dari berbagai OPD.

Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi NTB melalui Bidang Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (PDSPKP) memanfaatkan momen Hari Ulang Tahun NTB ini dengan mengadakan kegiatan Pemberian Makanan Tambahan Anak Sekolah (PMTAS) berbahan baku ikan kepada 100 orang siswa-siswi sekolah dasar, sambil menikmati makanannya, siswa-siswi ini juga diberikan edukasi tentang manfaat ikan bagi kesehatan.

Kegiatan PMTAS dan edukasi manfaat menkonsumsi ikan

Hadir juga Gubernur Provinsi NTB DR. Zulkieflimansyah, M.Sc dalam kegiatan PMTAS dan melakukan penyerahan secara simbolis kepada 100 orang siswa-siswi sekolah dasar.

Foto Bang Zul pada saat kegiatan PMTAS

Selain kegiatan PMTAS dan edukasi manfaatn mengkonsumsi ikan kepada siswa-siswi sekolah dasar, kegiatan dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun NTB ke-61 ini dilanjutkan dengan pameran produk-produk karya UMKM mitra dan Binaan dari Dinas Kelautan dan Perikanan. Produk-produk yang ditampilkan seperti:

  1. Produk olahan hasil perikanan dan demo memasak produk olahan perikanan oleh Satker BBP2HP;
  2. Produk olahan dari rumput laut berupa kertas dan kemasan dari rumput laut dalam rangka mendukung gerakan zero waste, dan produk dodol yang berbahan rumput laut oleh CV. Ocean Norie;
  3. Promosi macam-macam produk olahan perikan oleh Minaco Food.

Setelah upacara peringatan Hari Ulang Tahun NTB ke-61, Bapak Gubernur melihat secara langsung hasil produksi kertas dan kemasan berbahan rumput laut produk dari CV. Ocean Nuri. Bapak Gubernur sangat mengapresiasi produk kertas dan kemasan berbahan rumput laut ini karena dapat mengurangi penggunaan plastik dan mendukung program Zero Waste yang dijalankan di Provinsi NTB. Bapak Gubernur juga menandatangani sampel produk kertas dan kemasan berbahan rumput laut ini. Nantinya pada produk kertas dan kemasan itu tercantum tanda tangan Pak Gubernur sebagai bentuk dukungan untuk mensukseskan gerakan Zero Waste.

Gubernur NTB Dr. Zulkieflimansyah M.Sc didampingi Ibu Niken menandatangani produk kertas dan kemasan berbahan rumput laut

Wakil Gubernur Provinsi NTB Dr. Sitti Rohmi Djalillah, M.Pd juga menyampatkan diri untuk mengunjungi stand UMKM binaan dan mitra Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi NTB. Ibu Wagub juga ikut mencicipi produk-produk olahan berbahan baku ikan ini. Ibu Wagub mengatakan bahwa makanan olahan berbahan baku ikan ini sangat enak dan menyehatkan. Setelah mencicipi berbagai produk olahan berbahan baku ikan, Ibu Wagub juga melihat produk kertas dan kemasan berbahan rumput laut oleh CV. Norie Ocean. Ibu Wagub juga sangat mengapresiasi produk kertas dan kemasan rumput laut ini karena lebih mudah terurai, cukup membutuhkan waktu 1 minggu saja. Produk ini dapat mendukung dan mensukseskan program Zero Waste ungkap Wagub NTB.

Ibu Wagub sangat mengapresiasi produk kertas dan kemasan berbahan rumput laut

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X