Staf Ahli Gubernur Kunjungi UKM Pusaka Hati

Satker Balai Besar Pengujian Penerapan Hasil Perikanan (BBP2HP) di bawah Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia (KKP-RI) bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi NTB dalam hal ini Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi NTB dalam rangka mendukung penerapan Zero Waste membuat sebuah inovasi yang bertujuan untuk mengurangi penggunaan plastik dengan menciptakan kemasan biodegradable dan seaweed straw, yaitu kemasan dan sedotan yang terbuat dari bahan dasar rumput laut yang diproses sedemikan rupa sehingga nantinya limbah dari produk ini mudah terurai oleh organisme hidup lainnya yang berasal dari tumbuhan dan hewan.

Selasa (10/12/2019) Drs. H. Lalu Syafii, MM selaku staf ahli Gubernur bidang ekonomi yang didampingi oleh Bidang Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan dalam hal ini Syaifuddin Zuhri, S.Pi selaku Kepala Seksi Bina Mutu Diversifikasi Produk Kelautan dan Perikanan, beserta beberapa pelaku usaha mengunjungi UKM Pusaka Hati dalam rangka identifikasi awal pelaku usaha perikanan yang dijadikan sebagai percontohan dalam penerapan inovasi baru produk kelautan dan perikanan, yaitu pembuatan kertas berbahan dasar rumput laut yang dapat dimanfaatkan menjadi paper bag, kemasan, dll yang lebih ramah lingkungan dan aman bagi tubuh. Kertas berbahan dasar rumput laut ini dapat menggantikan fungsi plastik sebagai wadah untuk membawa barang atau bahan belanjaan lainnya. Selain itu produk ini lebih cepat terurai, apabila direndam kedalam air panas akan langsung dapat melebur, dan apabila tertanam ditanah dapat terurai dalam waktu satu minggu saja.

Diharapkan kedepannya inovasi seperti ini mendapat dukungan dari Pemerintah agar produk kertas berbahan rumput laut ini dapat diproduksi secara masal dan dapat menggantikan dan mengurangi penggunaan plastik dalam rangka mewujudkan NTB Zero Waste.

Contoh fasilitas yang digunakan UKM Pusaka Hati untuk berproduksi

Beberapa contoh produk yang dihasilkan UKM Pusaka Hati

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X