KKP Bersama DPR RI dan Dislutkan NTB Kampanyekan Gemarikan di Kabupaten Sumbawa

Safari Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan atau yang lebih dikenal dengan Gemarikan digelar oleh Direktorat Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (PDSPKP), bekerja sama dengan Komisi IV DPR-RI sebagai partner penyebar luasan kegiatan.

Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Sabtu 3 April 2021 bertempat di Desa Empang Kabupaten Sumbawa Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) yang dihadiri oleh Kepala Balai Besar Pengujian Penerapan Produk Kelautan dan Perikanan (BBP3KP) Kementerian Kelautan dan Perikanan Widya Rusyanto mewakili Dirjen PDSPKP KKP, Anggota Komisi IV DPR RI Johan Rosihan, Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi NTB yang diwakili Ir. Sri Wijayaningsih, M.Si selaku Kepala Bidang PDSPKP, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Sumbawa Sudirman, dan Sekertaris Daerah Sumbawa mewakili pejabat Bupati Sumbawa Hasan Basri.

Kegiatan Safari Gemarikan ini bertujuan untuk mengkampanyekan pentingnya mengkonsumsi ikan sejak dini, karena ikan memiliki kandungan gizi yang sangat penting untuk kesehatan. Kementrian Kelautan dan Perikanan melalui program Gemarikan juga turut berkontribusi dalam pencegahan stunting serta perbaikan gizi masyarakat Indonesia.

Kepala BBP3KP KKP RI Widya Rusyanto dalam sambutannya mengatakan bahwa dirinya berharap melalui kegiatan Gemarikan ini masyarakat khususnya kaum Ibu yang memiliki balita dapat melengkapi Menu Pendamping Air Susu Ibu (MPASI) dengan ikan dan juga dalam menu makanan sehari hari bagi keluarga.

Rusyanto berharap agar Pemerintah Daerah terus menggalakkan kampanye Gemarikan kepada masyarakat agar Angka Konsumsi Ikan (AKI) di Provinsi NTB dapat meningkat.

Pada rangkaian kegiatan Safari Gemarikan ini dilakukan juga pemberian 500 paket Gemarikan berupa produk UMKM berbahan baku dari komoditas Kelautan dan Perikanan kepada masyarakat Desa Empang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X