Kedudukan dan Tupoksi

Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi NTB dibentuk dan mempunyai tugas pokok dan fungsinya didasarkan atas Peraturan Daerah (Perda) Nomor 7 tahun 2008 tentang Organisasi dan Tatakerja Dinas-dinas Daerah Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Dalam Pasal 38 Perda Nomor 7 Tahun 2008 tersebut dinyatakan bahwa kedudukan Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi NTB adalah sebagai berikut: 

  1. Dinas Kelautan dan Perikanan adalah unsur pelaksana Pemerintah Daerah yang berada dibawah dan bertanggung jawab kepada Gubernur melalui Sekretaris Daerah;
  2. Dinas Kelautan dan Perikanan di Pimpin oleh Kepala Dinas;
  3. Dinas Kelautan dan Perikanan dalam melaksanakan tugas dan fungsinya secara administrasi dikoordinasikan oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan.

 Sedangkan mengenai tugas pokok dan fungsinya diatur pada pasal 39 Perda Nomor 7 Tahun 2008 tersebut, yaitu :

  1. Dinas Kelautan dan Perikanan mempunyai tugas membantu Gubernur dalam melaksanakan urusan pemerintahan daerah  bidang kelautan dan perikanan berdasarkan asas otonomi, tugas pembantuan dan dekonsentrasi.
  2. Dalam pelaksanaan tugas pokok sebagaimana dimaksud pada ayat (1), diatas Dinas Kelautan dan Perikanan menyelenggarakan fungsi :

a. Perumusan kebijakan teknis bidang kelautan dan perikanan;
b. Perencanaan program dan kegiatan bidang kelautan dan perikanan;
c. Penyelenggaraan urusan pemerintah dan pelayanan umum bidang kelautan dan perikanan;
d. Pengkoordinasian dan pembinaan tugas bidang kelautan dan perikanan;
e. Pengendalian dan evaluasi pelaksanaan tugas bidang kelautan dan perikanan;
f. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Gubernur sesuai tugas pokok dan fungsinya. 

X