Jajaki Potensi Industrialisasi Sektor Perikanan, Gubernur NTB Kunjungi BBI Batu Kumbung

Selasa (28/04/2020) Gubernur NTB Dr. Zulkieflimansyah, SE, M,Sc didampingi oleh Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi NTB H. Yusron Hadi melakukan peninjauan ke pusat pengembangan budidaya perikanan Batu Kumbung Kecamatan Lingsar Kabupaten Lombok Barat.

Kunjungan yang dilakukan selepas Pembukaan Musrenbang Provinsi ini dalam rangka menjajaki potensi industrialisasi pada sektor perikanan yang memiliki potensi sangat besar di NTB.

Dalam kesempatan tersebut Gubernur NTB melihat dari dekat pengelolaan perikanan budidaya dari berbagai jenis termasuk ikan hias.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi NTB H. Yusron Hadi menyampaikan bahwa budidaya perikanan di NTB sangat potensial, sama halnya dengan potensi yang dimiliki dalam subsektor tangkap. Selama ini masih banyak produksi ikan budidaya dijual begitu saja, belum banyak memberi keuntungan ditengah harga pakan ikan yang relatif mahal.

Gubernur NTB berpesan bahwa industrialisasi Subsektor budidaya difokuskan pada pembuatan pakan ikan yg murah dengan memanfaatkan sumberdaya lokal yang ada.

Sejalan dengan itu H. Yusron menjelaskan bahwa para pembudidaya kita sebenarnya punya pengalaman membuat pakan ikan sendiri, namun karena bahan baku yang terbatas sehingga tidak mencukupi.

Dengan pengembangan mesin produksi pakan oleh IKM, besar peluang para nelayan tangkap kita turut ambil bagian menyediakan bahan baku pakan pembudidaya ikan, sehingga terbangun sinergi antara nelayan tangkap dan pembudidaya ungkap Yusron. Kita akan melakukan kajian mekanisme dan lokasi yang tepat menerapkan konsep ini pungkasnya.

Setelah pakan disiapkan dengan baik, menjamin kualitas bibit dan peningkatan produksi ikan budidaya menjadi sentuhan lain yang tak kalah pentingnya. Proses pasca panen dengan memberi sentuhan teknologi dengan mengolah berbagai produk perikanan budidaya disertai kemasan yang bagus akan mudah menjangkau pangsa pasar olahan. Kita terbantu dengan adanya iShop maupun jejaring bisnis ikan yang lain yang mudah-mudahan bisa kita kerjasamakan.

Selain itu, Gubernur NTB juga mendukung adanya cluster budidaya perikanan dan pengembangan lebih luas di pondok-pondok pesantren.


Foto: Gubernur NTB saat meninjau langsung pengelolaan perikanan budidaya di BBI Batu Kumbung

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X