Hasilkan Data Kelautan dan Perikanan yang Valid, Dislutkan NTB Lakukan Kegiatan Validasi Data

Selasa, (28/09/2021) bertempat di Hotel Aston Inn Mataram telah dilaksanakan Kegiatan Validasi Data oleh Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi NTB.

Agenda tersebut turut dihadiri oleh Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi NTB, Sekretaris Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi NTB, Kepala Bidang Lingkup Dislutkan NTB, dan Pusdatin KKP. Adapun peserta dalam forum tersebut adalah Dinas Perikanan Kabupaten/Kota se-NTB.

Kasubag Program dan Pelaporan Dislutkan NTB, Ulul Azmi menyampaikan bahwa kegiatan validasi data ini nantinya digunakan untuk evaluasi, klarifikasi, dan kesimpulan serta memvalidasi data statistik kelautan dan perikanan.

“Agenda ini dilakukan untuk menghasilkan data statistik kelautan dan perikanan yang valid dan akurat sehingga data ini dapat digunakan sebagai dasar perencanaan, serta pengambilan keputusan yang tepat sasaran.”, ujarnya.

Kadislutkan NTB, Muslim, ST., M.Si, juga menambahkan bahwa kegiatan validasi data statistik ini mrupakan hal yang sangat penting untuk pembangunan kelautan dan perikanan kedepan.

“Validasi data ini merupakan hal yang sangat urgent. Sehingga kita jangan sampai menganggap sepele data itu. Karena kebijakan yang tepat sasaran harus didukung dengan data yang valid. Bagaimana kita akan merumuskan kebijakan jika tidak didukung data yang akurat nantinya.”, tegas Muslim.

Ia juga menyampaikan bahwa insentif bagi enumerator perlu diperhatikan, karena pahlawan pembangunan kelautan dan perikanan adalah para verifikator dan enumerator data yang ada di lapangan menghimpun data.

Selain itu, Muslim mengatakan bahwa dalam forum ini kita harus memanfaatkan acara ini dalam rangka perbaikan data kita agar kedepan pembangunan kelautan dan perikanan dapat berjalan dengan optimal.

“Jadikan forum ini sebagai wadah perbaikan, terutama untuk memperbaiki pola penghimpunan data kita. Karena data ini yang menentukan pembangunan sektor kelautan dan perikanan. Kami juga berharap kawan-kawan kabupaten/kota terus memberikan masukan, karena teman-teman yang tau betul kondisi kita di lapangan dalam rangka perbaikan kita kedepan.”, jelasnya.

Selanjutnya, Sekretaris Dislutkan NTB, Lalu Wahyudi Adiguna, S.Pi, MM, turut menyampaikan bahwa kita harus berfokus pada orientasi kedepan, outputnya juga harus jelas.

“Output yang dihasilkan dari kegiatan ini haruslah menghasilkan data yang tervalidasi dalam rangka mendukung pembangunan kelautan dan perikanan di Provinsi NTB. Sehingga data-data ini tidak boleh terpecah. Data-data ini harus terintegrasi dan seluruh pihak harus kolaboratif dalam rangka mewujudkan data sektor kelautan dan perikanan yang valid dan akurat.”, tegas Yudi.

Tentunya dalam proses penghimpunan data ini nantinya akan membutuhkan waktu yang tidak sedikit. Tapi jika dilakukan secara bertahap dan optimal, maka itu akan menjadi hal yang sangat bagus. Karena pada akhirnya perbaikan data tersebut akan menjadi baseline pengambilan keputusan dan kebijakan dalam rangka mendorong keberhasilan pembangunan sektor kelautan dan perikanan yang ada di Provinsi NTB, pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X