Dislutkan NTB Sampaikan RAD Konservasi Hiu Paus di NTB Melalui Zoom Meeting

Rencana Aksi Daerah (RAD) Konservasi Hiu Paus Provinsi Nusa Tenggara Barat ini merupakan dokumen turunan dari Rencana Aksi Nasional (RAN) Hiu Paus untuk periode 2021-2025 yang berisikan perencanaan 5 (lima) tahunan yang berisi 3 upaya pokok konservasi yaitu pelindungan, pelestarian dan pemanfaatan non ekstraktif yang bertanggung jawab dan berkelanjutan. Termasuk dalam ruang lingkup ini adalah kegiatan konservasi yang meliputi penelitian dan penanganan hiu paus yang terdampar dan tertangkap/ terjerat jaring secara tidak sengaja dari kegiatan perikanan.

Provinsi Nusa Tenggara Barat mendukung perlindungan hiu paus adalah dengan keluarnya SK Gubernur Nusa Tenggara Barat Tahun 2019 tentang Penetapan 99 Lokasi Desa Wisata di Provinsi NTB Tahun 2019-2023 dimana salah satunya adalah desa Labuan Jambu yang aktif melakukan konservasi hiu paus dan pemanfaatan hiu paus secara non-ekstraktif, Kata Ir. Sasi Rustandi, M.Si Sekretaris Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi NTB pada saat menyampaikan materi melalui zoom meeting.

Lebih lanjut Sasi menyampaikan bahwa RAD Hiu Paus NTB bertujuan untuk melestarikan habitat hiu paus dan memanfaatkan populasi yang ada sesuai dengan prinsip-prinsip konservasi dan keberlanjutan serta memaksimalkan potensi ekonomi melalui pariwisata berkelanjutan.

Selain itu, RAD Hiu Paus di Provinsi NTB telah menyesuaikan dengan RAN yang telah disusun oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), kata Sasi.

“Mekanisme Implementasi RAD Konservasi Hiu Paus NTB periode 2021-2025 merupakan tanggung jawab bersama lintas instansi dan sektor baik di tingkat provinsi maupun kabupaten dimana pemantauan dan evaluasi capaian pelaksanaannya dilakukan sekurang-kurangnya satu tahun sekali” Pungkasnya sekaligus mengakhiri presentasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X