Coaching Clinic Pengurusan PKKPRL Untuk Penempatan Rumpon Nelayan di KLU

Selasa, 7 Mei 2024, telah dilaksanakan Coaching Clinic pengurusan PKKPRL untuk penempatan rumpon bagi kelompok nelayan di Kabupaten Lombok Utara (KLU). Inisiatif ini diprakarsai oleh BPSPL Denpasar dan Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kabupaten Lombok Utara (KLU).

Kegiatan tersebut melibatkan Dinas Kelautan dan Perikanan (Dislutkan) Provinsi NTB yang diwakili oleh Kepala Bidang P2SDP3K, Bapak H. Ruspono, S.Pi.,M.Si, serta Satwas PSDKP Wilker Lotim, Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan KLU, serta kelompok masyarakat nelayan. Tujuan utama dari kegiatan ini adalah untuk menyelaraskan pemahaman mengenai proses pengurusan izin pemanfaatan ruang laut, yang sekarang merupakan kewenangan pusat melalui Online Single Submission (OSS).

Pengurusan PKKPRL ini merupakan langkah awal dalam proses pengurusan izin selanjutnya, yakni Surat Izin Penempatan Rumpon (SIPR). Kabid P2SDP3K, didampingi oleh Fungsional P3T Dislutkan NTB, menjelaskan bahwa pengurusan rumpon bagi nelayan kecil harus dilakukan secara berkelompok, dimana setiap kelompok maksimal bisa memasang 5 rumpon.

Dengan adanya Coaching Clinic ini, diharapkan nelayan di KLU dapat lebih memahami prosedur pengurusan izin dalam rangka memberikan kepastian hukum dalam aktifitas penangkapan ikan yang dilakukan oleh masyarakat nelayan.